Desa Kaligiri Jadi Kampung Tangguh Bencana

PortalPantura.com, Brebes Desa Kaligiri, Kecamatan Sirampog Brebes, Jawa Tengah dijadikan sebagai Desa Tangguh Bencana.

Pembentukan dilakukan Oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Brebes, Rabu 13 Oktober 2021.

Kalaksa BPBD Kabupaten Brebes, Nushy Mansur mengatakan, kegiatan dilakukan selama tiga hari, yakni mulai 13 Oktober 2021 sampai dengan 15 Oktober 2021.

Kegiatan yang digelar itu, tutur Nushy sebagai salah satu upaya pengurangan resiko bencana dan mewujudkan masyarakat tangguh bencana.

“Selama tiga hari ini, kita lakukan berbagai kegiatan,” ucap Nushy.

Kegiatan yang dilaksanakan yaitu memberi pelatihan Penyusunan Resiko Bencana (KRB), Pelatihan Rencana Penanggulangan Bencana (RPB), dan Pembentukan Forum Pengurangan Resiko Bencana Desa (FPRB).

Dalam kegiatan dan pelatihan tersebut diharapkan peserta dapat memahami dan mengerti apa yang harus dilakukan saat menghadapi bencana.

Ditanya mengapa Desa Kaligiri yang dipilih menjadi Desa Tangguh Bencana, Nushy mengatakan, desa tersebut memiliki ancaman bencana yang cukup besar seperti tanah gerak dan longsor.

“Saya harap pemerintah desa dalam menyusun rencana pembangunan harus memperhatikan aspek kebencanaan,” harap Nushy.

Kepala Desa Kaligiri, Rosidin mengatakan, pihaknya berterimakasih atas dibentuknya Desa Kaligiri sebagai Desa Tangguh Bencana.

“Dengan kegiatan ini masyarakat paham apa yang akan dilakukan saat terjadi bencana,” ujar Rosidin.

Selain itu, ujarnya, masyarakat dapat mengirangi resiko akibat bencana.

“Bencana tidak bisa kita hindari dan diprediksi kapan terjadi. Dengan kegiatan ini minimal kita memili wawasan tentang kebencanaan ” pungkas Rosidin.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status