Berita  

Idza : Hulu Gunung Slamet Harus Jadi Hutan Lindung

PORTAL PANTURA – Bencana banjir Bumiayu, menjadi keprihatinan yang mendalam bagi warga Kabupaten Brebes.

Karena, sangat tidak umum jika daerah pegunungan bisa dilanda banjir bandang.

Debit air yang terlalu deras membawa material batu dan pasir serta lumpur, mengindisikan kuatnya kerusakan hutan, terutama di hulu wilayah Kecamatan Sirampog.

“Satu-satunya jalan, pegunungan wilayah hulu Sirampog dan sekitarnya harus dijadikan hutan lindung,” kata Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH saat meninjau banjir di Bumiayu, Minggu (27/2/2022).

Banjir yang melanda Desa Dukuhturi, Kalierang dan Penggarutan Kecamatan Bumiayu meski tidak memakan korban jiwa, tegapi menggerus 10 rumah rusak berat dan 3 rumah hanyut terbawa arus.

Untuk itu, Idza sangat berharap adanya upaya kongkrit dengan menjadikan kawasan dataran tinggi menjadi hutan lindung.

Di dalamnya ada pohon-pohon besar yang bisa menyimpan air, tidak langsung menggelontor ke bawah maka harus ditanam kembali pepohonan.

Menjadikan hutan lindung yang didukung pemerintah pusat adalah keniscayaan yang harus dilakukan kembali dengan komitmen dan kolabarasi dari berbagai unsur.

Dalam tinjauannya Idza melihat camp pengungsian di SDIT Al-Ambary, memantau kondisi ketersediaan logistik, kesehatan, dan kesiapan relawan dari berbagai unsur.

Bupati berkeliling kampung yang terdampak banjir dengan berjalan kaki, meninjau jembatan yang hanyut dan jembatan rusak di Jalang Lingkat Bumiayu, tepatnya di jembatan penggarutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status