Berita  

Idza Apresiasi BKKBN Pusat Dalam Pengendalian Penduduk Brebes

PORTAL PANTURA – Tidak dipungkiri, Kabupaten Brebes memiliki jumlah penduduk terbanyak se Jawa Tengah. Dalam catatan Sensus Penduduk 2020, penduduk Kabupaten Brebes mencapai 1,97 juta jiwa.

Maka harus dikendalikan, agar tidak terjadi ledakan penduduk yang bisa menimbulkan permasaalan di kemudian hari.

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH menaruh harapan besar kepada Kepala Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat dr (hc) Dr Hasto Wardoyo untuk ikut berperan dalam hal kependudukan dan KB di Kabupaten Brebes.

Demikian disampaikan bupati saat sosialisasi, advokasi KIE program bangga kencana dan vaksinasi covid-19, di Desa Slatri, Kecamatan Larangan, Brebes, Jumat (25/2/2022)

Kata Idza, laju pertumbuhan penduduk memang harus dikendalikan.

Salah satunya dengan melaksanakan program bangga kencana yang menjadi catatan penting dalam intervensi yang dilakukan BKKBN dan perangkat daerah pengelola program KB di daerah.

Program ini sangat apik karena dibentuk untuk menyeimbangkan antara kebutuhan dan jumlah penduduk yang ada.

“Program bangga kencana merupakan program yang berfokus dan menjadikan keluarga sebagai sandaran pembangunan. Bukan hanya bertujuan untuk menekan laju pertumbuhan penduduk, namun lebih jauh lagi, diproyeksikan mampu mengarahkan bagaimana keluarga mempunyai rencana berkeluarga, mempunyai anak, mempunyai pendidikan sehingga terbentuk keluarga-keluarga yang berkualitas,” papar Idza.

Untuk mewujudkan hal tersebut perlu didukung berbagai kegiatan prioritas, antara lain kegiatan-kegiatan dalam upaya mengendalikan angka kelahiran, meningkatkan angka prevalensi pemakaian kontrasepsi modern (mcpr), menurunkan tingkat kebutuhan ber-kb yang tidak terpenuhi (unmetneed), serta upaya perwujudan penduduk tumbuh seimbang (pts) dan menghasilkan bonus demografi, serta upaya pengendalian penduduk untuk berkontribusi pada pembangunan sumber daya manusia (sdm) yang berkualitas dan berdaya saing.

Terbitnya peraturan presiden nomor 72 tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting, di mana bkkbn menjadi ketua pelaksana, tentu membawa dampak pada perlunya koordinasi serta konvergensi program di lapangan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status