Berita  

Panen Hasil Tanam Polybag di Tegal, Dyah Probondari: Pentingnya Makanan Sehat Bagi Keluarga

PORTAL PANTURA – Tanam, tanam pohon kehidupan, Siram, siram, sirami dengan sayang, Tanam, tanam, tanam masa depan Benalu, benalu, kita bersihkan, Biarkan anak cucu kita belajar di bawah pohon, Biarkan anak cucu kita menghirup udara segar, Biarkan mereka tumbuh bersama hijaunya daun, Jangan biarkan mereka mati dimakan hama kehidupan. (Iwan Fals)

Syair lagu yang pernah mengebrak blantika musik di Indonesia ini ternyata tak hanya populer dinyanyikan masyarakat namun juga dikuti dengan gerak cekatan para Ibu – Ibu rumah tangga yang tergabung dalam kelompok berkebun di Kota Tegal.

Percaya nggak percaya, kamu bakal mendapatkan tanaman yang lebih bagus dan kuat jika menggunakan polybag dari mulai pemberian pupuk dan nutrisi lain ke tanaman benar-benar lebih terkontrol.

Baihkan air maupun pupuk yang diberikan ke tanaman juga bisa langsung diserap akar dengan lebih cepat karena ukuran polybag yang memang tidak besar. Hasilnya, tanaman menjadi lebih kuat dan subur.

Dyah Probondari SH. Mkn Wakil Ketua Pengerak PKK Kota Tegal, pada 18 Maret 2022 disela pemanenan hasil tanam bersama para Ibu rumah tangga kreatif di halaman rumah dinas mengutarakan, bahwa giat tersebut merupakan pemanfaatan lahan sempit dengan memproduksi tanaman sehat.

Kondisi semakin padatnya pemukiman di Kota Tegal berdampak semakin berkurangnya lahan atau pekarangan untuk menanam maupun berkebun, padahal keberadaan tanaman sangat dibutuhkan dalam berkehidupan.

Menyikapi kondisi tersebut, Wakil Ketua Penggerak PKK, Dyah Probondari berinisiatif untuk mempopulerkan cara hemat dalam berkebun, meskipun dipekarangan yang sempit yakni dengan cara menanam sistem organik dan mewujudkan makanan sehat bagi keluarga.

Bahkan, demi keberlangsungan kegiatan agar dapat menjadi motivasi para ibu rumah tangga, halaman kebun belakang rumah dinas dimanfaatkan untuk para ibu ibu untuk belajar cara bercocok tanam.

Menurutnya, Sistem ini semakin hari, searah kemajuan dan perkembangan jaman perlahan semakin ditinggalkan oleh generasi selanjutnya, untuk itu guna terus membudayakan penanaman tersebut diharapkan keinginan untuk tetap bercocok tanam tidak akan pernah punah.

Selain sebagai fungsi penghijauan, bercocok tanam dengan jenis sayuran dapat pula menyehatkan, pasalnya saat panen tiba sang pemilik dapat menikmati bersama keluarga dengan makanan yang serba menyehatkan.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status