Berita  

Klarifikasi UPT DPU Brebes Terkait Pemberitaan Media Online yang Sebut Kualitas Beton Buruk  

PORTAL PANTURA – Menanggapi pemberitaan salah satu media online yang menuding buruknya kualitas beton pada pekerjaan peningkatan jalan Cinanas-Pruwatan, Kepala UPT-DPU Kabupaten Brebes Wilayah Bantarkawung Purwono ST langsung melakukan sidak guna melihat kondisi proyek di lapangan secara langsung.

Kepala UPT DPU Wilayah Bantarkawung yang juga bertindak sebagai PPK dari proyek tersebut, Purwono ST mengatakan bahwa sumber anggaran proyek berasal dari APBD Kabupaten Brebes Tahun Anggaran 2022.

Purwono ST juga menjelaskan bahwa pelaksana proyek tersebut yaitu CV. Delia Abadi Brebes, dengan SPK nomor : 050/013/SPK/PPK-UPTDPU.BTK/IV/2022 tertanggal 4 April sampai dengan 2 juni 2022 (60 hari masa pengerjaan) dengan nilai kontrak sebesar Rp. 193.282.000,00.

Untuk materi dan volume dari pekerjaan tersebut meliputi volume beton jalan dan opritan sejumlah 75 M3 dengan mutu fs 3.8, dan volume sandsheet sejumlah 13,05 Ton/ 5,85 M3, jalan yang dikerjakan sepanjang 120 M dengan lebar 3 M.

Ia juga menerangkan bahwa untuk memaksimalkan pembangunan, beton sudah melewati uji mutu sebelumnya.

Terkait retak rambut yang terjadi, beliau menerangkan bahwa hal tersebut bisa terjadi karena perubahan cuaca ekstrim dalam proses pengerjaannya.

Akan tetapi hal tersebut bisa diperbaiki dengan berbagai cara.

“Salah satunya dengan cara menginjeksi semen portland dan air kedalam retakan yang dilakukan dengan beberapa proses dan tahapan,” kata Purwono ST.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa pekerjaan tersebut juga melibatkan pengawas intern UPT-DPU Kabupaten Brebes Wilayah Bantarkawung, Konsultan Pengawas dari CV. Kencana Mulia Karya serta keterlibatan masyarakat secara langsung.

Oleh sebab itu ia dan pelaksana di lapangan sangat menyayangkan media yang merilis pemberitaan mengenai pekerjaan tersebut tanpa adanya konfirmasi dengan pihak UPT.

“Pertama saya mendapat kabar berita tentang proyek tersebut dari Kepala UPT Bumiayu yang telah dihubungi oleh salah satu media, yang selanjutnya media tersebut meminta nomor saya,” terangnya.

“Akan tetapi saya berasumsi bahwa keterangan terkait teknis dan peraturan yang ada, harus diutarakan dengan tatap muka bersama saya dan jajaran saya. Dengan tujuan agar tidak menimbulkan kesalah pahaman dalam penyampaiannya,” lanjut Purwono ST.

Terpisah, kepala UPT-DPU Kabupaten Brebes Wilayah Bumiayu membenarkan bahwa ada salah satu media yang menghubunginya dan mengabarkan tentang perihal tersebut diatas.

Awak media tersebut meminta nomor kontak kepala UPT Bantarkawung, akan tetapi tidak mau memberikan nomor hp tanpa seijin pemilik.

Hal itu karena tidak sesuai kode etik dan menyangkut pasal Pasal 26 UU No 19/ 2016.

Dihubungi secara terpisah Kepala Desa Cinanas, Hensika sindi setiuawan SPd membenarkan bahwa antusiasme warga cukup besar.

Hal ini terbukti sebelum proyek dimulai, warga melakukan gotong royong untuk membersihkan jalan yang akan dikerjakan.

Bahkan pada waktu pelaksanaannya dimalam hari, banyak warga yang mengirim konsumsi untuk tenaga kerja di lapangan.

Kepala UPT dan pihak desa berharap pekerjaan tersebut bisa tepat waktu dan tepat mutu, sehingga dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status