Berita  

Peduli Disabilitas, Dinas Kominfo Kabupaten Tegal Berikan Kemudahan Beragam Akses

PORTAL PANTURA – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tega, Selasa.27 September 2022 menggelar Sosialisasi Layanan Keterbukaan Informasi Publik bagi Penyandang Disabilitas di ruang Rapat Diskominfo.

Kegiatan tersebut mendasari kepedulian terhadap penyandang Disabilitas yang kerap kehadirannya  masih dipandang sebelah mata.

Keterbatasan yang dimiliki, membuat mereka dianggap sebagai kelompok yang lemah, tidak berdaya dan hanya perlu  mendapatkan belas kasihan.  Hak-hak mereka sebagai manusia seringkali diabaikan.

Iklan

Mulai dari hak untuk hidup, hak untuk memperoleh pelayanan pendidikan dan kesehatan hingga  hak kemudahan mengakses fasilitas umum dan hak untuk mendapatkan informasi publik.

Baca Juga:  Peringati Hari Disabilitas Internasional, Desa Pesarean Tegal Pawai Jalan Sehat

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tegal Dra Nurhayati, MM dalam sambutanya mengatakan Undang-Undang  Dasar UUD 1945, sudah dengan tegas  menjamin para penyandang disabilitas.

Setidaknya dalam Pasal 28H ayat (2)  UUD 45, menyebutkan bahwa setiap orang berhak mendapat kemudahan dan perlakuan khusus untuk memperoleh kesempatan dan manfaat yang sama guna mencapai persamaan dan keadilan.

Menurut Nurhayati mendasari Perki 1 Tahun 2021 tentang Standar Layanan Informasi Publik (SLIP) menegaskan kewajiban Badan Publik memberikan layanan Informasi Publik bagi penyandang Disabilitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *