Gempa Guncang Sirampog, Puluhan Rumah Rusak

20210928 gempa sirampog 4
20210928 gempa sirampog 3
20210928 gempa sirampog 2

PortalPantura.com, Brebes – Gempa berkekuatan magnitudo 3.0 mengguncang Sirampog, Selasa (28/9/2021) pagi. Akibat kejadian itu puluhan rumah dilaporkan rusak.

Gempa yang terjadi pada kedalaman 11 kilometer itu merusak rumah-rumah warga di Desa Dawuhan dan Sridadi.

Rumah-rumah warga yang rusak itu terjadi pada dinding dan lantai. plestes dinding ambrol saat tejadi guncangan. Bahkan, ada rumah yang sebagian dindingnya runtuh.

Lokasi gempa yang berjarak 9 kilometer timur Bumiayu itu juga mengakibatkan retakan tanah di Bukit Igirkasur dengan bentuk tapal kuda sepanjang kurang lebih 150 meter.

Retakan tersebut berpotensi terjadi longsor yang mengancam pemukiman warga di Dukuh Igirgowok dan Dukuh Guci Desa Dawuhan. Terkait hal tersebut, warga diminta waspada.

“Saya himbau warga di Dukuh Igirgowok dan Dukuh Guci untuk mengungsi apabila terjadi hujan intensitas sedang maupun tinggi, mengingat ada retakan dibukit diatas pemukiman mereka,” himbau Satgas Penanggulangan Bencana (PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Brebes Budi Sujatmiko.

Ia menyebut, dalam peristiwa yang terjadi pada pagi hari tersebut tidak dilaporkan adanya korban jiwa. Warga selamat dari musibah lantaran saat peristiwa terjadi mereka sedang beraktifitas di luar rumah. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status