Berita  

Waduk Penjalin Kembali Ditebar Bibit Ikan

Peserta menaiki perahu menuju tengah Waduk Penjalin untuk menebar benih ikan.
Peserta menaiki perahu menuju tengah Waduk Penjalin untuk menebar benih ikan.

PortalPantura.com, Brebes – Puluhan ribu bibit ikan kembali ditebar di Waduk Penjalin, Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Kamis (30/9/2021).

Jenis bibit ikan yang ditebar yaitu Nila dan Mas sebanyak 100 ribu, 20 ribu Tawes, dan 50 ribu Udang Galah.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Brebes M Zuhdan SH mengatakan, penebaran bibit ikan di Waduk Penjalin merupakan kegiatan rutin tahunan.

Penebaran bibit ikan tersebut dimaksudkan untuk mengembalikan ekosistem akuatik di waduk yang dibangun pada jalam kolonial Belanda itu.

“Restocking ikan dilakukan juga untuk perbaikan gizi dan pendapatan masyarakat khususnya nelayan dengan penambahan stok ikan,” tutur Zuhdan.

Ia berharap kepada masyarakat agar tidak melakukan penangkapan ikan dengan cara yang dilarang, khususnya menggunakan pestisida yang dapat memusnahkan semua biotik termasuk anak-anak ikan.

“Semoga ikan-ikan yang dilepas ini dapat tumbuh menjadi besar dan berkembang biak untuk dapat dimanfaatkan masyarakat,” ucap Zuhdan.

Sebelum acara penebaran ikan, diawali dengan sosialisasi kepada warga setempat yang dihadiri Kapus Riset Perikanan Brebes Ir Yayan H Msi, Kades Winduaji H Abdurrahman, Bhabinkamtibmas Winduaji Aiptu Maman, anggota Satpol PP Paguyangan, dan juga perwakilan nelayan setempat. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status