Longsor dan Banjir Terjang Delapan Desa di Bantarkawung Brebes

Jalan dan Rumah Sempat Tertimbun Longsor

PORTAL PANTURA – Hujan deras yang mengguyur di wilayah Kecamatan Bantarkawung, kabupaten Brebes, Jateng menyebabkan delapan desa mengalami longsor dan banjir, Jum’at (1/4/22). Akibatnya, longsor menimbun dan merusak beberapa area persawahan, jalan dan rumah warga.

Adapun desa yang terkena alam longsor dan banjir meliputi Desa Bantarkawung, Tambak serang, Cibentang, Legok, Bantarwaru, Kebandungan, Bangbayang dan Pangebatan.

Menurut laporan yang di terima Satkorlak BPBD dan Trantibum Kecamatan Bantarkawung, Suranto S.Sos menjelaskan, hujan turun dengan intensitas tinggi terjadi mulai pukul 15.30 Wib, Kamis (31/3/22) hingga Jum’at (1/4/22) pagi pukul 01.30 Wib.

“Dampak dari hujan lebat membuat sungai Ciraja dan Pemali meluap hingga masuk rumah warga di Desa Bantarkawung, Dukuh Gempol, Ponpes Miftahul Khaer dan dukuh Pakiringan RT 06/03 kebanjiran,” ujarnya.

Suranto mengatakan, bencana banjir juga terjadi di Desa Pengarasan, Kebandungan dan Desa Bantarwaru sejumlah rumah tergenang banjir Sungai Pemali.

“Pada pagi hari banjir menimpa betapa rumah di di empat pedukuhan akibat sungai Pemali dan Ciraja banjir meluap ke pemukiman rumah warga,” ungkap Suranto.

Suranto juga menjelaskan, bencana longsor terjadi di desa Tambak Serang yang membuat bangunan SD 04 jebol terkena longsor. Terhitung ada tujuh titik longsor yang menimpa rumah hungga merobohkan pohon bambu sehingga menghalangi jalan. Longsor juga menimpa Ponpes Minhajul Huda Sukasari RT 02/04 yang membuat bangunannya jebol tertimpa lonsoran tanah.

Titik lain bencana juga dilaporkan diantaranya, Desa Waru yang menimpa rumah Suardi RT 01/04 dan di dukuh Ciruyuk yang terjadi tanah longor. Desa Cibentang satu bendungan di kali Cihaur jebol akibat banjir bendung. Desa Bantarwaru jembatan Kalitanjung juga jebol, akibat banjir.

Di desa Legok ada empat titik longsor di jalur Dukuh Mayana – Cibirus dan di Dukuh Bujong Neros, 8 rumah tertimpa longsor tanah.

Sementara laporan dari berbagai desa yang di dapat, saat ini pihak Forkompinca Bantarkawung dan BPBD serta PMI Brebes sedang terjun ke lokasi bencana. Sementara itu, malam kemarin berapa warga yang terkena dampak bencana langsung di evakuasi tempat pemukiman sementara.

“Forkompinca Bantarkawung BPBD dan PMI Brebes sudah terjun ke lokasi bencana dari desa ke desa,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status