Ramadhan, Bulan Penuh Kasih Sayang  

PORTAL PANTURA – Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH mengajak kepada seluruh warga Brebes untuk memanfaatkan Ramadhan sebagai bulan kasih sayang.

Kasih sayang yang diwujudkan dengan kecintaan dan kepatuhan kepada Sang Pencipta, Nabi Muhammad SAW dan sesama manusia, terutama pada kaum dhuafa.

Hal tersebut disampaikan bupati saat Silaturahmi Safari Ramadhan, di Masjid Besar Al Husna Banjarharjo, Brebes, Rabu (6/4/2022) malam.

Bentuk kasih sayang itu, lanjutnya, bisa diwujudkan dengan menambah volume ibadah dan mencontoh perilaku Kanjeng Nabi.

Termasuk di dalamnya menyantuni fakir miskin dan anak yatim piatu.

Sebagaimana dicontohkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Brebes yang sudah membayar zakat sebesar 2,5 persen dari gajinya kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Brebes.

”Mulai Januari 2022 ASN Brebes yang berjumlah 9.000 orang telah membayar zakat sebesar 2,5 persen dari gajinya kepada Baznas Kabupaten Brebes,” ungkap Idza.

Bupati juga mengajak kepada masyarakat Kabupaten Brebes untuk berinfak Rp 2 ribu tiap bulannya yang disalurkan kepada Baznas Kabupaten Brebes.

Apalagi, Baznas sedang membangun Rumah Sehat Baznas (RSB) yang diperuntukan bagi warga kurang mampu dan gratis.

Infak Rp 2 ribu dari warga Kabupaten Brebes akan mempercepat pembangunan RSB dan juga kegiatan kemanusiaan lainnya.

Kepedulian, kata Idza, harus terus ditingkatkan mengingat Kabupaten Brebes dikategorikan sebagai Kabupaten dengan tingkat kemiskinan ekstrem akibat didera Pandemi Covid-19.

Idza mengajak kepada para suami untuk kembali bekerja dengan semangat dan para istri untuk membantu menambah penghasilan dengan kegiatan ekonomi kreatif.

Untuk anak-anak yang sudah saatnya bekerja, bekerjalah sesuai dengan bakat dan kemampuan masing-masing.

“Di Kawasan Industri Brebes dan Kawasan Peruntukan Industri Brebes juga membutuhkan 10 ribu tenaga kerja, untuk itu bekali diri kalian dengan pendidikan dan ketrampilan,” ajak Idza.

Ketua Baznas Kabupaten Brebes H Abdul Haris menjelaskan, Baznas dalam kesempatan tersebut menyerahkan santunan kepada 50 anak Yatim/Yatim Piatu.

Santunan diserahkan Bupati, perwakilan Forkopimda dan para Kepala OPD yang hadir.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Brebes juga menyerahkan mushaf Al Quran dan Ruku kepada Pengurus Takmir Masjid Besar Al Husna Banjarharjo.

Ketua Yayasan Masjid Besar Al Husna KH Nur Iman Ali dalam tausiyahnya juga menegaskan arti pentingnya menyayangi kepada sesama. Kiai Nur Iman mengisahkan di suatu daerah akan dihancurkan yang diawali dari orang-orang yang kelihatan saleh dan saleha.

Namun mereka tidak memiliki kesalehan sosial, karena tidak memiliki kepedulian. Segala peribadatan yang dilakukan hanya untuk kepentingan diri sendiri, tidak memiliki kepedulian kepada sesama.

“Yang sholatnya, tadarusnya, puasanya, hanya untuk dirinya sendiri dihancurkan terlebih dahulu,” kata Kiai Nur Iman menyitir salah satu riwayat kenabian.

Makanya, lanjut Kiai Nur Iman, Allah SWT selalu menyandingkan perintah sholat dengan zakat. Di kandung maksud, tunduknya manusia kepada Sang Kuasa harus dibarengi dengan kepedulian kepada sesamanya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status