Bahasa Tegalan dan Pakaian Adat Akan Meriahkan Hari Jadi Kota Tegal Tahun 2022

Dok/Ist. Pemkot Tegal Hari Jadi Tahun 2021

PORTAL PANTURA – Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal akan melaksanakan Rapat Paripurna DPRD Kota Tegal, Tasyakuran dan Upacara Hari Jadi ke-442 Kota Tegal Tahun 2022.

Rapat Panitia Pelaksana Peringatan Hari Jadi Kota Tegal ke-442 Tahun 2022 yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tegal, Dr. Drs. Johardi, M.M. dilakukan pada Kamis (07/04) di Ruang Rapat Lantai 1 Gedung Setda Kota Tegal.

Johardi mengatakan Hari Jadi ke-442 Kota Tegal tahun 2022 pada tanggal 12 April 2022, Pemkot Tegal berencana akan melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan Hari Jadi.

” Karena dalam suasana bulan Suci Ramadhan dan masih berlangsungnya pandemi Covid-19 rangkaian kegiatan Peringatan Hari Jadi ke-442 Kota Tegal dilaksanakan secara sederhana. ” ujarnya

Kegiatan utama yang dilaksanakan antara lain Rapat Paripurna DPRD Kota Tegal yang dilaksanakan pada Senin (11/04) di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tegal,

Tasyakuran Hari Jadi di Pendopo Ki Gede Sebayu pada Senin (11/04) malam dan Upacara Hari Jadi pada Selasa (12/04) pagi di Pendopo Ki Gede Sebayu Kota Tegal.

Sementara ziarah ke makam pendiri Tegal, Ki Gede Sebayu, di Desa Danawarih Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal tentatif menunggu keputusan Wali Kota Tegal.

“Ziarah menunggu keputusan Wali Kota Tegal, apakah akan tetap dilaksanakana atau tidak. Ziarah ke Makam Ki Gede Sebayu merupakan tradisi yang dilaksanakan setiap tahun.

Namun karena dalam suasana puasa, jika dilaksanakan apakah waktunya siang atau sore hari,” ujar Johardi saat memimpin rapat.

Selain itu, nanti pada Selasa (12/04) sore pukul 15.30 WIB akan dilakukan upacara Hari Jadi Kota Tegal yang telah menjadi tradisi dengan menggunakan bahasa Tegal

Penggunaan bahasa Tegal dalam upacara ini seperti tahun lalu dan sebagai bahasa pengantar dan pesertanya mengenakan pakaian adat Tegal. termasuk Rapat Paripurna DPRD Kota Tegal yang bahasa pengantarnya juga menggunakan bahasa Tegal.

Sekretari DPRD Kota Tegal Hervianto Gunarso Wisnu mengatakan dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Tegal menggunakan bahasa Tegal sebagai pengantar.

Mulai dari bahasa Tegal yang digunakan oleh Pembawa Acara, pembukaan oleh Ketua DPRD Kota Tegal, Kusnendro, S.T., dan Sambutan Wali Kota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, S.E., M.M.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status