Makna Ziarah Rombongan Hari Juang TNI-AD di TMP Kusuma Tama Brebes

PortalPantura.com, Brebes – TNI Angkatan Darat Bersama Rakyat Membangun Bangsa, adalah tema yang diangkat dalam perayaan Hari Juang TNI-AD, tanggal 15 Desember tahun ini.

Di Kabupaten Brebes Jawa Tengah, Kodim 0713 Brebes melakukan ziarah rombongan ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Tama Brebes, untuk mengenang hari besar di lingkungan TNI, yaitu Hari Infanteri atau sekarang disebut Hari Juang Kartika. Selasa (14/12/2021).

Ziarah rombongan ini diawali dengan penghormatan militer kepada 69 arwah kusuma bangsa yang terbaring di TMP tersebut, kemudian dilanjutkan peletakan karangan bunga, mengheningkan cipta dan doa, tabur bunga, dan ditutup dengan penghormatan militer akhir.

Dandim Brebes Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan menjelaskan, Hari Juang TNI-AD diperingati untuk mengenang pertempuran mempertahankan kemerdekaan RI di Kota Ambarawa (pertempuran Ambarawa).

Menurutnya, bangsa ini merdeka berkat para pahlawan yang yang rela berjuang mengorbankan harta, keluarga, dan bahkan nyawa demi bangsanya terbebas dari penjajahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status