TMMD Sengkuyung Tahap II Desa Cilibur Paguyangan Diharapkan Berdampak Pada Masyarakat    

PORTAL PANTURA – Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE.,MH secara resmi membuka program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Kodim 0713 Brebes di Desa Cilibur, Kecamatan Paguyangan.

Pada pembukaan acara tersebut diawali dengan adanya upacara yang kemudain dilanjutkan dengan penandatangan surat Berita Acara TMMD oleh Bupati Kabupaten Brebes Idza Priyanti SE.,MH di Lapangan Sepak Bola Tribrata Desa Cilibur, Selasa (26/07/2022).

Program TMMD Sengkuyung Tahap II untuk pembangunan infrastruktur dan SDM masyarakat di Desa Cilibur Kecamatan Paguyangan, pada peresmian program tersebut disambut hangat dan gembira oleh warga setempat sebab pembangunan infrastuktur tersebut sasaran utaman yaitu pembangunan jalan yang selama ini sangat susah diakses oleh warga karena kondisi jalan rusak parah.

Selain pembangunan jalan program TMMD ini juga ada pembangunan jembatan ke arah Dk. Luwung arah desa Plompong, Kecamatan Sirampog, pembangunan talud jalan kanan kiri, saluran drainase dan sarana pendukung lainnya.

Sebelum program TMMD Sengkuyung Tahap II diresmikan dan dilaksanakan pada Senin, 18 Juli 2022 diadakan pra kegiatan TMMD, dengan diadakannya kerja bakti oleh pihak Kodim 0713 Brebes, warga setempat dan Mahasiswa KKN dari STMIK Muhammadiyah Paguyangan Brebes.

Untuk waktu pelaksanaan program TMMD Sengkuyung Tahap II akan dilaksanakan selama 30 hari atau sampai 24 Agustus 2022.

Sasaran fisik dari program ini berupa peningkatana akses jalan makadam sepanjang 1.015 meter lebar 3 meter yang dilengkapi sarana seperti talud 130 meter dengan tinggi 0,75-4meter, drainase 84 meter lebar 1 meter, jembatan panjangan 4 meter lebar 5 meter, dan plat duicker 6 meter lebar 1,5 meter. Adapun sasaran fisik tambahan yaitu rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) sebanyak 5 unit di Desa Cilbur Kecamatan Paguyangan untuk penanganan krisis ekstrem.

“Tujuan adanya TMMD adalah untuk menumbuhkan, menyuburkan, dan memelihara semangat gotong royong dan rasa kekeluargaan dari seluruh komponen yang terlibat di dalam program ini, termasuk memberdayakan masyarakat Desa Cilibur Kecamatan Paguyangan untuk ikut andil dalam proses pembangunan untuk memajukan desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat” Ujar Bupati

Tidak hanya itu dalam pidato peresmian TMMD Sengkuyung Tahap II, Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE.,MH juga menyampaikan komitmennya dalam penanganan kasus covid-19 dengan menyarankan masyarakat untuk melakukan vaksin Booster tahap III dikarenakan Pemerintah Kabupaten Brebes, mempunyai target masyarakat yang vaksin Booster tahap III sebesar 50%.

Sedangkan realita di lapangan baru 20% masyarakat yang sudah melakukan vaksin Booster tahap III.

Untuk sasaran non fisik berupa penyuluhan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negar, penyuluhan hukum, narkoba, dan undang-undang berlalu-lintas, penyuluhan keagmaan, serta pendidikan politik bagi elemen masyarakat dari Bakesbangpol Brebes.

Kemudian ada sosialisasi tentang pengolahan limbah sampah rumah tangga dan bak sampah, sosialisasi Undang-Undang Perkawinan Nomor 1 Tahun 1974, sosialisasi bencana dari pihak BPBD Brebes, serta edukasi dari Dinkominfotik Brebes tentang cukai melalui pemutaran film.

Bukan hanya itu setelah peresmian TMMD Sengkuyung Tahap II ada pelayanan secara di Balai Desa Cilbur meliputi rekam KTP elektronik, pembuatan akte kelahiran dan kematian, KB gratis dari DP3KB Brebes, serta pelayanan kesahatan dari Dinkes Brebes.

“Dengan adanya pelayanan secara langsung dari pihak Pemkab Brebes sangat membantu warga Cilibur karena hal tersebut dibutuhkan warga yang akan mengurus KTP, Akte kelahiran dan kematian karena hal ini merupakan unsur penting dalam pendataan penduduk Desa Cilibur, serta adanya pelayanan kesehatan juga dapat meningkat tingkat kesehatan warga”. Ujar Kepala Desa Cilibur.

Selain itu Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE.,MH menyatakan upaya Pemerintah Kabupaten Brebes dalam rangka pemulihan sektor ekonomi akibat dampak dari pandemi covid-19 selama 2 tahun ke belakang ini.

Pasalnya, dampak dari pandemi ini membuat sekitar 100 ribu warga Brebes yang miskin mengalami peristiwa miskin ekstrim.

Dalam menangani permasalahan ini Pemerintah Brebes menggelontorkan dana senilai Rp. 3.500 miliar untuk menuntaskan kemiskinan ekstrim secara bersama-sama.

Dalam acara peresmian TMMD Sengkuyung yang bertemakan “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI” dihadiri oleh banyak pihak diantaranya Ketua DPRD Brebes, Kapolres Brebes yang diwakili oleh Kapolsek Paguyangan, Kajari Brebes, Ketua Pengadilan Agama Brebes, Ketua Dekranasda Brebes, para Kepala OPD Brebes,

Selain itu terlihat hadir, Kadispermades Brebes, Camat Paguyangan, Kades Cilibur dan Perangkatnya, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cab XXII Dim 0713 Brebes, Linmas Cilibur, segenap Ormas(Banser, Kokam, Pemuda Pancasila, dan FKPPI),

Juga hadir Mahasiswa STMIK Muhammadiyah Paguyangan Brebes, Karang Taruna Cilibur, serta para pelajar SLTP dan SMA.***

Penulis: Dandi Dravindo / Mahasiswa STMIK Muhammadiyah Paguyangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.